Jurnal Industria

Selamat datang di Jurnal Industria yang diterbitkan oleh Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengiriman artikel dan informasi lainnya silakan menghubungi kami.

Announcements

 

Pedoman Penulisan

 

Naskah yang dikirimkan harus sesuai dengan isi jurnal yaitu bidang Teknologi Industri pertanian baik dari sisi manajemen ataupun teknologi. Pertanian dalam arti luas yang mencakup hortikultura, pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan dan peternakan. Naskah dapat berupa hasil penelitian atau kajian teori. Naskah tidak dibatasi jumlah halaman namun umumnya 5 – 10 halaman dengan font Times New Roman 12 dengan abstract times new roman 10. Naskah dikirim ke redaksi melalui email: nhidayat@ub.ac.id

Naskah yang dikirimkan tidak sedang dalam pertimbangan jurnal lain. Penulis yang mengirimkan naskah bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah disetujui oleh semua rekan penulis yang dicantumkan.

Proses Review

Setiap naskah akan direview oleh dua orang ahli dari institusi yang berbeda. Setiap review akan memakan waktu 1 minggu dan dikembalikan ke penulis untuk diperbaiki (proses perbaikan dan koreksi dapat lebih dari satu kali). Setelah disetujui oleh reviewer maka penulis akan menerima surat keterangan persetujuan pemuatan naskah yang mecantumkan volume nomor dan tahun terbit.

Judul dan Informasi Penulis

Judul harus singkat (huruf pertama dari setiap kata dengan huruf besar kecuali kata sambung) dan menggambarkan isi naskah. Nama penulis lengkap dengan alamat instansi dan alamat email dari penulis yang bertanggung jawab terhadap naskah (tidak selalu orang pertama). Judul dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Abstrak dan Kata Kunci

Abstrak dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Jumlah kata dalam abstrak 250 – 300 dan mencakup lingkup, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan dengan bentuka kata pasif. Tidak ada pustaka yang dikutip. Kata kunci 3 – 5 kata disusun sesuai abjad.

Pendahuluan

Berisi informasi latar belakang yang memberikan penjelasan terkait masalah, literature yang digunakan harus relevan. Tujuan penelitian dinyatakan dalam pendahuluan.

Bahan dan Metode

Bagian ini harus detail dan memungkinkan untuk dapat diulang orang lain. Prosedur harus menyebutkan sumber rujukan, jika modifikasi harus disebutkan secara singkat. Bahan kimia disebutkan merk dagangnya untuk menjamin keaslian dan bukan konsentrasinya.

Hasil dan Pembahasan

Hasil dapat disajikan dalam bentuk tabel atau gambar namun harus dihindari pengulangan data.  Hasil dapat dijelaskan tanpa pustaka. Pembahasan harus mempertimbangkan hasil kaitannya dengan hipotesis/tujuan dan disertai pustaka rujukan

Kesimpulan

Kesimpulan tidak berisi angka-angka hasil percobaan dan bukan potongan dari abstrak.

Ucapan Terimakasih

Ucapan terimakasih dapat ditujukan pada pemberi dana atau seseorang yang berjasa dalam penelitian tersebut.

Penulisan Daftar Pustaka

Dari Jurnal:

Hadjibabaie, M., N. Rastkari, A.Rezaie and M. Abdollahi, 2005. The Adverse Drug Reaction in the Gastrointestinal Tract: An Overview. Intl. J. Pharmacol., 1 (1): 1-8.

Dari Buku:

Hidayat, N., M.C. Padaga dan S. Suhartini. 2006. Mikrobiologi Industri. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Bab dari Buku:

Krieg, N.R. 2005. Procariotic Domains. In G.M. Garrity (ed). Bergey’s Manual of Systematic Bacteriology 2nd Vol II: The Proteobacteria. Part A: Introductory Essays. Springer. New York.

Prosiding:

Stock, A., 2004. Signal Transduction in Bacteria. In the Proceedings of the 2004 Markey Scholars Conference, pp: 80-89.

Skripsi/tesis/disertasi:

Nizam, M.K. 2008. Bioremediation of Oil from Domestic wastewater Using Mixed Culture: Effects of Inoculum concentration and Agitation Speed. Thesis. Faculty of Chemical and Natural Resources Engineering. Universiti Malaysia. Pahang.

Jumlah jurnal minimal 50 % dari pustaka yag dirujuk dan minimal 50 % nya adalah jurnal terbitan 10 tahun terakhir.

Untuk naskah kajian pustaka tidak harus mengikuti urutan di atas namun harus ada abstrak dan bagian isi. Dengan jumlah pustaka jurnal 80 % dan minimal 50 % nya adalah jurnal 5 tahun terakhir

 
Posted: 2012-04-27
 

ISSN

 

jurnal Industri telah memiliki ISSN 2252 - 7787

kodebar: 977 225278 04 6

kami tunggu naskah bapak/ibu/sdr untuk diterbitkan. silahkan kirim ke industria@ub.ac.id atau ke nhidayat@uba.ac.id

salam

redaksi

 
Posted: 2012-04-27
 
More Announcements...

Vol 5, No 1 (2016)

Table of Contents

Articles

Destry Anggarini, nur Hidayat, Arie Febriyanto Mulyadi
PDF