Pembuatan Pakan Konsentrat Berbasis Limbah Filtrasi Pengolahan Maltodekstrin (Kajian Prosentase Penambahan Ampas Tahu Dan Pollard)

Aynun Nadhifah, Sri Kumalaningsih, Nimas Mayang Sabrina Sunyoto

Abstract


PT Sorini Agro Asia Corporindo Tbk (PT SAAC) merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi maltodekstrin. Maltodekstrin merupakan produk hidrolisis pati yang mengandung unit α-D-glukosa. Salah satu limbah yang dihasilkan oleh PT SAAC adalah limbah hasil proses filtrasi. Limbah hasil proses filtrasi pengolahan maltodekstrin tersebut dapat dimanfaatkan untuk campuran pakan ternak yang sangat menguntungkan. Penambahan ampas tahu dan pollard pada limbah pengolahan maltodekstrin diharapkan dapat meningkatkan nilai nutrisi pakan ternak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan menggunakan dua faktor dan dua ulangan sehingga diperoleh 18 satuan percobaan. Faktor pertama dalam penelitian ini yaitu persentase ampas tahu (A) terhadap pakan dan faktor kedua yaitu persentase pollard (P) terhadap pakan. Data hasil pengamatan pengujian kimia dianalisis dengan menggunakan analisis ragam (Analysis of Varian atau ANNOVA), apabila dari analisis ragam antar perlakuan terdapat beda nyata maka dilanjutkan dengan BNT (Beda Nyata Terkecil) dengan selang kepercayaan (α= 0,05). Pemilihan perlakuan terbaik ini menggunakan metode multiple atribut dengan atributnya yaitu PBB, PER, Protein Kasar dan Kadar Abu, sehingga pada perlakuan terbaik diperoleh rerata kadar air 7,07%, rerata kadar abu 10,45%, rerata PK 23,51%, rerata PER 0,40 % dan rerata PBB 52,50 gram. Harga pokok produk pada perlakuan terbaik yaitu Rp 12.455,30 / 5 kg pakan ternak.

Kata kunci: Ampas Tahu, Limbah Filtrasi, Pakan Ternak, Pollard.


Keywords


ampas tahu; limbah filtrasi; pakan ternak; pollard

Full Text:

PDF

References


Abun; R, Denny; S, Deny. 2005. Efek Ransum Mengandung Ampas Umbi Garut Produk Fermentasi Oleh Kapang Aspergilus Niger Terhadap Imbangan Efisiensi Proteindan Konversi Ransum Pada Ayam Broiler. Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. Bandung

Arditya, D. W. 2010. Pengaruh Penggunaan Bahan Pakan Konsentrat Sumber Protein Terhadap Konsumsi Pakan, Pertambahan Bobot Badan dan Konversi Pakan pada Domba Ekor Gemuk. Skripsi. Fakultas PeternakanUniversitas Brawijaya. Malang.

Muchtadi, D dan Tien R., (1989), Teknologi Proses Pengolahan Pangan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi, Institut Pertanian Bogor.

Nastiti, N.E. 2010. Tata Letak Fasilitas Pada Pt Sorini Agro Asia Corporindo Tbk Dan Aktivitas Bagian R&D. Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Brawijaya Malang.

Pond, W. G., C. C. David, R. P. Kevin, dan A. S. Patricia. 1980. Basic Animal Nutrition And Feeding. Fifth Edition. John Willey and Sons, Inc. New York.

Prasastianto, P. 2011. Pemanfaatan Ampas Tahu Kedelai Varietas Grobogan Sebagai Bahan Tambahan Pakan Ayam Arab. Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.

Srihari, E. 2010. Pengaruh Penambahan Maltodekstrin Pada Pembuatan Santan Kelapa Bubuk. Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Sudarmadji, S, H. Bambang. 2003. Prosedur Analisa bahan Makanan dan Pertanian. Liberty. Yogyakarta.

Suhartina. 2008. Deskripsi Kedelai Varietas Grobogan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Susanti, S., dan Eko, M. 2007. Kecernaan, Retensi Nitrogen dan Hubungannya dengan Produksi Susu Pada Sapi Peranakan Friesian Holstein (PFH) yang diberi Pakan Pollard dan Bekatul. Jurnal Peternakan 15: 142 – 143.

Winarno, F.G. 2004. Kimia Pangan dan Gizi. PT. Gramedia PustakaUtama. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri