ANALISIS PERENCANAAN STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KONSUMEN DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Putri Aprilliya, Usman Effendi, Mas'ud Effendi

Abstract


Mawadah Ratu merupakan salah satu usaha kecil yang bergerak di bidang pangan yaitu roti, yang berada di Malang, Jawa Timur. Permasalahan yang dialami adalah kurang mampu bersaing dengan pesaing dari segi promosi, dan ingin meningkatkan kualitas pelayanan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perencanaan strategi peningkatan kualitas pelayanan yang dapat diterapkan oleh UKM Mawadah Ratu dengan metode Quality Function Deployment (QFD). Pengambilan data dilakukan pada bulan Juli 2012 dengan jumlah responden sebanyak 60 orang. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa butir-butir pertanyaan yang berjumlah 12 butir, baik untuk kuesioner tingkat kepentingan maupun tingkat kepuasan, semuanya valid dan reliabel. Perencanaan strategi peningkatan kualitas pelayanan konsumen yang dapat diterapakan di adalah dengan membuat jadwal kerja yang jelas untuk karyawan dalam menjaga outlet, membuat jadwal pembersihan outlet, membuat media informasi, mempertimbangkan untuk menyediakan produk dalam kemasan kardus kecil, dan membuka outlet di tepi jalan raya atau bekerja sama dengan pihak lain.

Kata kunci : kualitas pelayanan, perencanaan strategi, QFD


Keywords


kualitas pelayanan; perencanaan strategi; QFD

Full Text:

PDF

References


Akao, Y. (2000). An Introduction to Quality Function Deployment. In : Yoji Akao (ed.). Quality Fuction Deployment: Integrating Customer Requirment into Product Design. Productivity Press. New York. 1-24.

Cohen, L. (1995). Quality Function Deployment: How To Make QFD Work for You. Addison Wesley Publishing. Massachusetess

Cohen, L. (2005). Quality Function Deployment: How To Make QFD Work for You. Addison Wesley Publishing. Massachusetess

Dale, B.G. (2000). Managing Quality. Prentice Hall. New York.

Franceschini, F. (2002). Advance Quality Function Deployment. CRC Press. Boca Raton, Florida.

Franceschini, F. (2009). Service quality monitoring by performance indicators : a proposal for a structured methodology. International Journal Services and Operations Management. 5 (2) : 251-273.

Goetsch, D.L. and Davis, S. (2003). Quality Management: Introduction to Total Quality Management For Production, Processing, And Services. Fourth Edition. Prentice Hall. New Jersey.

Gonzales. (2005). An Alternative Approach In Service Quality. Marketing And Supply Chain Management. College of Chalestone. Mexico

Halog, A. (2002). Selection of Sustainable Product Improvement Alternatives. Phd. Dissertation. Faculty of Economics and Business Engineering. University of Karlsruhe. Germany.

Hasanah, U. (2007). Penerapan Konsep QFD dalam Meningkatkan Kualitas dan Mengembangkan Produk Sepeda Motor Honda Kharisma 125D. Universitas Negeri Semarang (tidak diterbitkan)

Kristianto, Y., Ajmal, M.M., and Sandhu, M. (2012). Adopting TQM approach to achieve customer satisfaction. The TQM Journal. 24 (1) : 29-46.

Kumar, A., Antony, J.. and Dhakar, T.S. (2006). Integrating quality function deployment and benchmarking to achieve greater profitability. Benchmarking: An International Journal. 13 (3) : 290-310.

Mehrjerdi, Y.Z. (2010). Quality function deployment and its extensions. International Journal of Quality & Reliability Management. 27 (6) : 616-640.

Mudjajanto, E.S. dan Yulianti, L.N. (2005). Membuat Aneka Roti. Penebar Swadaya. Depok.

Prahalad. (2005). Comparing For The Future. Havard Prees. London.

Purba, H. (2008). Inovasi Nilai Pelanggan dalam Perencanaan dan Pengembangan Produk. Graha Ilmu. Yogyakarta

Rowe, R. (2002). Strategic Management An Business Policy : A Methodology Approach. Addison Weley Inc. Massachussettes.

Schembri, S. (2002). Service Quality And The Consumers Experience: Towards An Interpretive Approach. Journal Of Marketing Theory 2. No. 2: 189-200

Supranto, J. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menekan Pangsa Pasar. Rineka Cipta. Jakarta.

Tan, K.C. and Shen X.X. (2000). Integrating Kano’s model in the planning matrix of quality function deployment. Total Quality Management. 11 (8) : 1141-1151.

Umar, H. (2002). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri