ANALISIS PENGUKURAN WAKTU KERJA DENGAN METODE PENGUKURAN KERJA SECARA TIDAK LANGSUNG PADA BAGIAN PENGEMASAN DI PT JAPFA COMFEED INDONESIA TBK

Nevi Viliyanti Febriana, Endah Rahayu Lestari, Sakunda Anggarini

Abstract


Tujuan pada penelitian ini yaitu mengetahui apakah ada perbedaan hasil waktu baku secara tidak langsung pada bagian pengemasan dengan metode work factor, methods time measurement, dan maynard operation sequence technique. Hasil pengukuran dengan menggunakan metode work factor diperoleh waktu baku sebesar 10,37 detik/karung, sedangkan methods time measurement dengan maynard operation sequence technique diperoleh waktu  baku berturut-turut sebesar 9,10 detik/karung dan 8,26 detik/karung. Perbedaan hasil pengukuran tersebut disebabkan adanya pembagian gerakan-gerakan kerja, satuan unit dalam TMU tiap metode. Pemilihan aplikasi dari salah satu metode dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

 

Kata kunci : MOST, MTM, semi otomatis, waktu baku, work factor


Keywords


MOST; MTM; semi otomatis; waktu baku; work factor

Full Text:

PDF

References


Curran, R., Chou, SY dan Trappey, A. 2008. Collaborative Product and Service Live Cycle Management for a Sustainable World. Springer Science & Business Media. New York.

Dyah, I.R., Diana, P dan Fatrin, M. 2012. Penentuan Waktu Standar dan Jumlah Tenaga Kerja Optimal Pada Produksi Batik Cap (Studi Kasus: IKM Batik Saud Effendy, Laweyan). Jurnal Teknik Industri. VII (3) : 145-150.

Heri, M.K,. dan Dimas, A.K. 2012. Analisis Tingkat Kebisingan Peralatan Produksi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Teknik Industri. 13 (2) : 194-200.

Herjanto, E. 2008. Manajemen Operasi Edisi Ketiga. Grasindo. Jakarta.

Iqbal, M. 2004. Peluang Bisnis dan Manajemen Bengkel Mobil. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Lind. 2007. Teknik-Teknik Statistika dalam Bisnis dan Ekonomi Menggunakan Kelompok Data Global. Salemba Empat. Jakarta..

Novita, S. 2013. Analisis Pengukuran Waktu Kerja dengan Metode Pengukuran Kerja Secara Langsung pada Bagian Pengemasan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Skripsi. Universitas Bawijaya. Malang.

Rizani, N.C., Safitri, D.M,. dan Wulandari, P.A. 2009. Perbandingan Pengukuran Waktu Baku dengan Metode Stopwatch Time Series dan Metode Ready Work Factor pada Departemen Hand Insert PT.Sharp Indonesia. Jurnal Teknik Industri. 127-136.

Sukoco, B. M. 2007. Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Erlangga. Jakarta.

Wignjosoebroto, S. 2003. Ergonomi Studi Gerak dan Waktu: Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas Kerja. Guna Widya. Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri