The Influence of Product Concepts, Consumption Culture, and Family Towards Consumer Behavior in Consuming Kebab (Case Study on Kebab Turki XXX)

Adhi Tejo Dwicahyo, Nunuk Adiarni, Mudatsir Najamuddin

Abstract


Abstract

Behavior is one of the important aspect as reflection of human’s life and applicable in many aspects, such as knowing consumer behavior. Study of consumer behavior in individual, groups, organization and the process of consuming could be used to select, secure, use, and dispose of products, services, experiences, to satisfy needs and factors for influencing people to consume products. This study aims to measure and determine the influence of marketing and social culture environment on consumption behavior of the kebab product. The method of analysis used Structural Equation Modelling (SEM) with Partial Least Square(PLS) approach focus on the following three variables; product concept, cultural consumption and family. The result found  that  family was the strong factor in consuming kebab product, followed by cultural consumption, and not for products concept.

Keywords : consumption culture, family, product concept , SEM

 

Abstrak

Perilaku merupakan aspek penting cermin kehidupan manusia, terwujud salah satunya pada perilaku konsumen. Studi tentang perilaku konsumen terkait individu, kelompok, organisasi dan proses, adalah memilih, mengamankan, menggunakan, dan membuang produk, jasa, pengalaman, untuk memuaskan kebutuhan serta faktor yang mempengaruhi manusia mengkonsumsi produk. Penelitian bertujuan mengukur dan menentukan pengaruh pemasaran dan lingkungan sosial budaya terhadap perilaku konsumsi makanan Kebab yang bukan menjadi makanan khas Indonesia. Metode penelitian menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) dengan pendekatan PLS (Partial Least Square) yang merupakan penggabungan analisis faktor, analisis jalur, dan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian,  dari tiga variabel (konsep produk, budaya konsumsi, dan keluarga), terdapat pengaruh kuat dari keluarga dalam mempengaruhi perilaku konsumen mengkonsumsi kebab, diikuti pengaruh budaya konsumsi, tetapi tidak terdapat pengaruh dari konsep produk.

Kata Kunci: budaya konsumsi, keluarga , konsep produk, SEM


Keywords


consumption culture; family; product concept; SEM

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Y. (2009). Antisipasi Krisis Global Bisnis Fast Food Ala Indonesia. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Hartanti, D. (2009). .Bisnis Franchise Modal 2 Juta. Yogyakarta : Indonesia Cerdas.

Hawkins, D. I. dan David L. M.. (2010). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. New York : Mc-Graw Hill.

Widhiarso, W. (2009). Praktek Model Persamaan Struktural (SEM) Melalui Program AMOS. Diakses 22 Mei 2014. http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/widhiarso_-_teori_dan_praktek_pemodelan_persamaan_struktural_%28sem%29.pdf.

Anonim (2014). Bisnis Waralaba di Indonesia Masih Didominasi Asing. Diakses 22 Mei 2014. http://www.neraca.co.id/article/39197/Bisnis-Waralaba-di-Indonesia-Masih-Didominasi-Asing.

Hidayat, S. (2013). AFI: Indonesia Pasar Empuk Waralaba Asing. Diakses 22 Mei 2014. http://www.antaranews.com/berita/364815/afi-indonesia-pasar-empuk-waralaba-asing.

Khomsan, A. dan Faisal, A. (2008).Sehat Itu Mudah, Wujudkan Hidup Sehat dengan Makanan Tepat. Jakarta : PT Mizan Publika.

Kotler, P dan Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey : New JPearson Education.

Nuraini, H. (2007). Memilih dan Membuat Jajanan Anak yang Sehat dan Halal. Jakarta : QultumMedia.

Peter, J. P. dan Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York : McGraw-Hill/Irwin.

Sari, R. W. (2008). Bahaya Makanan Cepat Saji dan Gaya Hidup Sehat. Yogyakarta : O2.

Schiffman, L dan Kanuk, L. L. (2004). Perilaku Konsumen. Jakarta : Indeks.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.industria.2017.006.01.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri