STUDI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PASTA MANGGA PODANG (Mangifera indica L.) DENGAN METODE CONJOINT (STUDI KASUS PADA HOTEL-HOTEL DI KOTA BATU)

Mirza N Qoddhar, Panji Deoranto, Sakunda Anggarini

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut yang berpengaruh terhadap preferensi serta tingkat preferensi konsumen pasta mangga podang (Mangifera indica L.). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Conjoint. Responden yang diambil hanya hotel-hotel di kota Batu dan variabel independent (bebas) yang digunakan hanya 4 variabel (aroma, rasa, kekentalan dan warna). Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi konsumen terhadap level atribut (karakteristik) pasta mangga podang adalah rasa lebih kuat rasa bahan tambahan paling disukai konsumen dengan nilai kegunaan sebesar 0,054, aroma lebih kuat aroma mangga podang disukai konsumen dengan nilai kegunaan sebesar 0,034, tingkat kekentalan yang kental lebih disukai konsumen dengan nilai kegunaan sebesar 0,047, dan warna coklat muda paling disukai konsumen dengan nilai kegunaan sebesar 0,018. Urutan atribut yang mempengaruhi preferensi pasta mangga podang yaitu rasa (38,24 %), kekentalan (30,88%), aroma (22,06%) dan warna 8,82%. Tingkat preferensi konsumen terhadap pasta mangga podang yang paling disukai konsumen terdapat pada profil 9 dengan kombinasi rasa lebih kuat rasa bahan tambahan, aroma lebih kuat aroma mangga podang, kekentalan yang kental dan warna coklat muda yang mempunyai nilai kegunaan total tertinggi yaitu 0,428.

Kata Kunci : Preferensi Konsumen, Pasta Mangga, Metode Conjoint, Profil, Hotel

Abstract

The purpose of this research is to find out what attributes that influence preference and the level of customer preferences podang mango paste (Mangifera indica L.). The method used is the method of Conjoint. Respondents were drawn only for hotels in Batu city and independent variables (independent) used only 4 variables (smell, flavor, consistency and color). The results showed that the preferences of consumers towards level attributes (characteristics) podang mango paste is a more robust flavor additives most preferred by consumers with utility value of 0.054, smell more powerful smell of podang mango consumers preferred the utility value of 0.034, the viscosity of the more viscous consumers preferred the utility value of 0.047, and a light brown color most preferred by consumers with utility value of 0.018. The order of the attributes that affect the preferences podang mango paste flavor (38.24%), viscosity (30.88%), smell (22.06%) and color (8.82%). The level of consumer preference towards podang mango paste most preferred by consumers are on profile 9 with a stronger flavor combinations taste additives, stronger smell podang mango smell, consistency is thick and light brown color that has the highest total utility value of 0.428.

Keywords: Consumer Preferences, Mango Paste, Conjoint Methods, Profiles, Hotels 


Keywords


preferensi konsumen; pasta mangga; metode conjoint; profil; hotel

Full Text:

PDF

References


Aaker, D.A., Kumar, V., dan Day, G.S. 2003. Marketing Research. 8th edition. Wiley International, USA.

Amirullah. 2002. Perilaku Konsumen. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Basuki, A. 2002. Penggunaan Analisis Conjoint Untuk Menentukan Preferensi Wisatawan Nusantara Pada Obyek Wisata Pantai Di Kabupaten Malang. Tesis Unpublised. Universitas Brawijaya. Malang.

Baswarsiati., Yuniarti., M. Taufiq., D. Syahroesa., Jaenun., Y. S. Pikir., Siswoto dan Kuncoro. 2006. Pendaftaran Varietas Lokal. http://www.dispertakediri.com. Tanggal akses 02 Mei 2007.

Baswarsiati dan Yuniarti. 2007. Karakter Morfologis dan Beberapa Keunggulan Mangga Podang Urang (Mangifera indica L.). Buletin Plasma Nutfah. 13(2): 1.

Churchill, G.A. 2005. Dasar-dasar Riset Pemasaran Jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Ellen, MF. 2004. Pengaruh Ukuran Bawang Merah, Cara Penyimpanan dan Pembuatan selama Penyimpanan terhadap Mutu Pasta Bawang Merah. IPB. Bogor

Ferrinadewi, E. 2008. Merek Dan Psikologi Konsumen. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Gitosudarmo, I. 2004. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-1. BPFE. Yogyakarta.

Irawati, W. 2007. Potensi Tomat Lokal Indonesia dalam Pembuatan Pasta Tomat Menggantikan Pasta Tomat Impor. SRKP 2007.

Irianta, B. 2006. Laporan Kunjungan Ke Jawa Barat dan Jawa Timur Bersama Tim Studi Jica Dalam Rangka Kajian “The Studi on Improvement Of Farmers’ Income : Agricultural Processing and Rural Micro Finance”. http://agribisnis.deptan.go.id/index.php?files=Berita_Detailid=252. Tanggal akses 03 April 2007.

Kotler, P dan Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran Jilid I. Edisi ke – 12. Edisi Bahasa Indonesia. PT. Indeks.

Mangkunegara, A. 2002. Perilaku Konsumen. Penerbit PT. Eresco. Bandung.

Mayasari, O. 2009. Pasta Fungsional dari Buah Tin (Ficus carica L.) Berpotensi Mencegah Penyakit Kardiovaskular dan Kanker. IPB. Bogor.

Mowen, J. C dan Michael, M. 2002. Perilaku Konsumen Jilid I. Penerjemah : Lina Salim. Erlangga. Jakarta.

Myers. 2006. Selling To Women. American Demographic. USA.

Ockerman, HW. 2008. Source Book For Food Scientists. The AVI Publishing Company, Inc. West Port.

Ojaiorganics. 2001. Certified Organic Tomato Paste: Product Specification http://www.ojaiorganics.com/pdb/specsheet.asp?which=202.html. Tanggal akses 25 Febuari 2012

Pracaya. 2002. Bertanam Buah Mangga. PT. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rahmawati, A. 2006. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keripik Tape Sebagai Bentuk Diversifikasi Produk Olahan Tape Ubi Kayu. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri Pertanian. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

Saragih, B. 2003. Deskripsi Mangga Varietas Podang Urang. http://dokumen.deptan.go.id/doc/bdd2.nsf. Tanggal akses 13 Maret 2007.

Setiadi, J. N. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media. Jakarta.

Setyodiputro, H. 2011. Mangga Podang Khas Kediri. http://www.habib-es.blogspot.com /2011/11/mangga-podang-khas-kediri.html. Tanggal akses 16 Desember 2011.

Simamora, B. 2002. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sugiarto, D. L., Siagian D. S., Oetomo. 2001. Teknik Sampling. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Supranto, J. 2004. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Penerbit Rineka Cipta.Jakarta.

Susanty, S.I, Hermana, B. 2006. Karakteristik Dan Perilaku Konsumen Pengguna Teknologi GSM dan CDMA. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 11(2):1-6.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Tedjakusuma, R., Hartini, S., Muryani. 2001. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Air Minum Mineral Di Kotamadya Surabaya. Jurnal Penelitian Dinamika Sosial 2(3):48-58. Surabaya.

Umar, H. 2005. Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Wartaka, M. 2004. Analisa Preferensi Konsumen Produk Lipstik Dan Kaitannya Dengan Segmentasi Produk. Thesis S2. Universitas Budi Luhur. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.