PERAMALAN PERMINTAAN DENGAN PENDEKATAN MARKETING MIX PADA PRODUK KERIPIK APEL MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN

Laella Mallini, Wike Agustin Prima Dania, Shyntia Atica Putri

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil peramalan permintaan produk keripik apel menggunakan metode Jaringan Syaraf Tiruan (JST) dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan. Metode JST dapat dilatih untuk mempelajari dan menganalisis pola data masa lalu dan berusaha mencari suatu formula atau fungsi yang akan menghubungkan pola data masa lalu dengan keluaran yang diinginkan saat ini. Salah satu algoritma pelatihan JST yang dapat dimanfaatkan dalam menyelesaikan sistem peramalan adalah propagasi balik (backpropagation). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil arsitektur jaringan single hidden layer terbaik yaitu 4-9-1 (4 neuron input, 9 neuron hidden layer, 1 neuron output). Nilai Mean Square Error (MSE) yang diperoleh sebesar 2185,004. Rata-rata persentase kesalahan hasil simulasi peramalan permintaan pada periode Januari – Mei 2014 adalah sebesar 3,18%.

Kata kunci: Algoritma Pembelajaran, Backpropagation, MSE

Abstract

The purpose of this research is to obtain the outcome forecast of the apple chip product demand using Artificial Neural Network (ANN) method with considering the affect factors againts to sales voIume. The ANN method can be trained to study and to analize the past pattern data as well as to find a formula or function that will connect the past pattern data to the current expected outcome. One of ANN training algoritma that can be used to solve this forecast system is backpropagation. Based on the conducted research, the result obtained is generate the best hidden singIe network architecture layer 4- 9-1 (4 input neurons, 9 hidden Iayer neurons, 1 output neuron). The value of Mean Square Error (MSE) is 2185,004. The average percentage errors as the result of demand forecast simulation during the period of January - May 2014 is 3,18%.

Keywords: Learning Algorithm, Backpropagation, MSE


Keywords


algoritma pembelajaran; backpropagation; MSE

Full Text:

PDF

References


Dhaneswara, G dan Veronica S. M. (2004). Jaringan Saraf Tiruan Propagasi Balik untuk Klasifikasi Data. Jurnal FMIPA. 9(3):1-9.

Firdaus. (2011). Peranan Biaya Promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Salah Satu Perusahaan Pembiayaan di Palembang). Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (JENIUS). 1(2):143-152.

Hidayat, R dan Suprapto. (2012). Meminimalisasi Nilai Error Peramalan dengan Algoritma Extreme Learning Machine. Jurnal Optimasi Sistem Industri. 11(1): 187-192.

Ihwan, A. (2013). Estimasi Curah Hujan Bulanan Kota Pontianak Dengan Suhu Permukaan Laut Sebagai Estimator Berdasarkan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation. Jurnal Positron. 3(1):16-19.

Indrajit. (2005). Manajemen Manufaktur. Pustaka Fahima. Yogyakarta.

Kencana, I.P.E.N dan Ketut J. (2012). Evaluasi Kinerja Jaringan Syaraf Tiruan pada Peramalan Konsumsi Listrik Kelompok Tarif Rumah Tangga. Jurnal Matematika. 2(1):9-18.

Kusumadewi, S. (2004). Membangun Jaringan Syaraf Tiruan (Menggunakan Matlab dan Excel Link). Graha Ilmu. Yogyakarta.

Maru’ao, D. O. (2010). Implementasi Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation dalam Memprediksi Kurs Valuta Asing. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 2(5): 19-38.

Pujawan dan Mahendrawati. (2010). Supply Chain Management. Guna Widya. Surabaya.

Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik. 2(2):143.

Siang, J.J. (2005). Jaringan Syaraf Tiruan dan Pemrogramannya Menggunakan Matlab. Andi Offset. Yogyakarta.

Subanidja, S. (2010). Pengaruh Biaya Bauran Promosi dan Distribusi terhadap Kinerja Penjualan Produk Susu SGM 3 pada PT Sari Husada Tbk. Jurnal Manajemen. 4(2): 11-39.

Sukardi, Usman E dan Dyah A.S. (2011). Aplikasi Six Sigma pada Pengujian Kualitas Produk di UKM Keripik Apel Tinjauan dari Aspek Proses. Jurnal Teknologi Pertanian. 12(1):1-7.

Swasta. (2004). Manajemen Pemasaran Modern. Alfabeta. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.