Perencanaan Strategi Pemasaran Keripik Kentang dengan Metode ANP dan TOPSIS di Agronas Gizi Food, Kota Batu
Abstract
Abstrak
Agronas Gizi Food merupakan industri keripik kentang yang memasarkan produknya di Kota Batu, Malang, Bandung, Magelang, Surabaya dan Sidoarjo serta membuka gerai di dekat tempat produksi. Agronas Gizi Food belum menetapkan strategi pemasaran untuk mengembangkan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sub kriteria yang menjadi prioritas untuk digunakan sebagai acuan merumuskan alternatif strategi pemasaran serta untuk menentukan prioritas strategi pemasaran di Agronas Gizi Food. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah ANP dan TOPSIS. ANP digunakan untuk mengidentifikasi prioritas sub kriteria. TOPSIS digunakan untuk menentukan prioritas strategi pemasaran. Variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 5 kriteria dan 15 sub kriteria sumber daya pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan sub kriteria yang memiliki bobot tertinggi untuk merumuskan alternatif strategi pemasaran di Agronas Gizi Food adalah membangun hubungan dengan konsumen dengan bobot kepentingan 0,296. Prioritas strategi pemasaran di Agronas Gizi Food adalah meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan dengan skor sebesar 0,97.
Kata kunci: ANP, keripik kentang, strategi pemasaran, TOPSIS
Abstract
Agronas Gizi Food is the potato chips industry, It markets the products in Batu, Malang, Bandung, Magelang, Surabaya and Sidoarjo and its store is near the production place. Agronas Gizi Food has not set the marketing strategy to develop their business. The objective of this research is to identify priorities of the sub-criteria to be used as a reference to formulate the alternative marketing strategies as well as to determine the priority of marketing strategy in Agronas Gizi Food. The method used in this research is ANP and TOPSIS. ANP is used to identify the priority of sub-criteria. TOPSIS is used to determine the priority of the marketing strategy. The variables in this research are five criteria and 15 sub-criteria of marketing resources. The result shows that the sub-criteria that has the highest weight to formulate the alternative of marketing strategies in AgronasGizi Food is building the relationship with consumers, the importance weight is 0.296. The priority of marketing strategy in AgronasGizi Food is improving the quality service to the customers with scores is 0.97.
Keywords: ANP, marketing strategy, potato chips, TOPSIS
Full Text:
PDFReferences
Abrams, R. (2008). The Owner’s Manual for Small Business. Yogyakarta: Kanisius.
Arvianto, A., Sari, D. P., & Olivia, G. (2014). Pemilihan strategi pemasaran pada PT Nyonya Meneer dengan menggunakan pendekatan metode Analytical Network Process (ANP) dan Technique for Order Preference by Similarity to an Ideal Solution (TOPSIS). J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 9(1), 35–44. https://doi.org/10. 12777/jati.9.1.35-44
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur. (2015). Dokumentasi Hasil Pelaksanaan Pembangunan Kabupaten dan Kota Se-Jawa Timur Tahun 2015. Surabaya: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur.
Badan Pusat Statistik Kota Batu. (2015). Statistik Daerah Kota Batu 2015. Batu: Badan Pusat Statistik Kota Batu.
Case Center Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. (2008). Cases in Management Indonesia Business Challenges. Jakarta: Salemba Empat.
Chang, K.-L., Liao, S.-K., Tseng, T.-W., & Liao, C.-Y. (2015). An ANP based TOPSIS approach for Taiwanese service apartment location selection. Asia Pacific Management Review, 20(2), 49–55. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2014.12.007
Hooley, G. J., Greenley, G. E., Cadogan, J. W., & Fahy, J. (2005). The performance impact of marketing resources. Journal of Business Research, 58(1), 18–27. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(03) 00109-7
Marimin. (2006). Teknik dan Aplikasi : Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Jakarta: Grasindo.
Pearce II, J. A., & Robinson, R. B. (2013). Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Saaty, T. L., & Vargas, L. G. (2013). Decision Making with the Analytic Network Process Economic, Political, Social and Technological Applications with Benefits, Opportunities, Costs and Risks. New York: Springer.
Sari, P. R. M., Santoso, P. B., & Hamdala, I. (2004). Pengambilan keputusan strategi pemasaran menggunakan metode ANP dan Fuzzy TOPSIS (studi kasus: PT X mojokerto). JRMSI, 2(2), 428–437.
Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Sumiyatun. (2017). Implementasi ANP dan TOPSIS dalam menentukan prioritas media promosi. SPEED (Sentra Penelitian Edukasi Dan Dokumentasi): Jurnal Informatika Dan Komputer, 9(2), 35–43.
Sutedja, W. (2017). Panduan Layanan Konsumen. Jakarta: Grasindo.
Wu, C.-S., Lin, C.-T., & Lee, C. (2010). Optimal marketing strategy: A decision-making with ANP and TOPSIS. International Journal of Production Economics, 127(1), 190–196. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2010.05.013
https://doi.org/10.21776/ub.industria.2018.007.02.7
Refbacks
- There are currently no refbacks.