ANALISIS PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DENGAN METODE PARTIAL LEAST SQUARE

Nisaul Fitriani, Panji Deoranto, Wike Agustin Prima Dania

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan dan pengaruh dari variabel keselamatan dan kesehatan kerja terhadap produktivitas tenaga kerja. Penelitian dilakukan dengan menganalisis kuesioner dari 88 responden tenaga kerja di bagian produksi PT. Surya Pratista Hutama (SUPRAMA). Metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Dari hasil analis yang dilakukan, faktor Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang memiliki pengaruh paling tinggi terhadap produktivitas tenaga kerja adalah variabel kesehatan kerja dengan nilai 0,336.

Kata kunci : Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Partial Least Square, produktivitas

Abstract

This study aimed to determine the relationship and influence of the occupational health and safety variables on labor productivity. The study was conducted by delivering questionnaire to 88 respondents of labors whom job is at the production section of PT. Surya Pratista Hutama (SUPRAMA). The data analysis method used was Partial Least Square (PLS). From the analysis that had been done, the highest impact of Occupational Health and Safety (K3) variables on labor productivity was work health with a value of 0.336.

Keywords : Occupational Health and Safety, Partial Least Square, productivity


Keywords


keselamatan dan kesehatan kerja; partial least square; produktivitas

Full Text:

PDF

References


Aryani, D dan Rosinta, F. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi. 17(2):114-126.

Hartono, J. (2011). Konsep dan Aplikasi Structural Equation Model Berbasis Varian Dalam Penelitian Bisnis. UPP STIM YKPN. Yogyakarta. Hal 55-58.

Kurniawan, A. (2008). Pengaruh Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi. Malang : Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Liana, L. (2009). Penggunaan MRA dengan SPSS untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating terhadap Hubungan antara Variabel Independen dan Variabel Dependen. Jurnal Teknologi Informatika Dinamik 14(2):90-97.

Mukhlisani, N., Wignjosoebroto, S., dan Sudarso, I. (2008). Pendekatan Metode Structural Equation Modeling Untuk Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Dari Tinjauan Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan Kerja di PT. Barata Indonesia (Persero)-Gresik. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, pp. 1-11

Nasution, Z. E. (2005). Pembuatan Mie Kering Dari Tepung Terigu Dengan Tepung Rumput Laut Yang Difortifikasi Dengan Kacang Kedelai. Jurnal Jurusan Kimia FMIPA Universitas Sumatera Utara. 9(2):87-91.

Purwohandoko. (2009). Pengaruh Tangible Resource Perusahaan terhadap Kinerja Perusahaan Air Minum dalam Kemasan (AMDK) di Wilayah Sidoarjo, Surabaya, dan Pasuruan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 11(2):134-142.

Rahap. (2009). Hubungan Antara Karakteristik Teknologi Dengan Kemungkinan Usaha Kecil Untuk Mengapdosi TI. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). 16(2):111-125.

Solimun. (2010). Analisis Multivariat Pemodelan Struktural Metode PLS. Citra Malang. Malang. Hal 160-161.

Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung. Hal 68.

Sunyoto, D. (2009). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Media Pressindo. Yogyakarta. Hal 15.

Thoyip, A., Ludfi, D., Wieke, Y. (2012). Pengaruh Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Proyek Konstruksi. Jurnal Rekayasa Sipil. 6(1):83-95.

Tjiptoherijanto, P dan Nagip, L. (2008). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Antara Peluang & Tantangan. LIPI Press. Jakarta. Hal 110-111.

Umar, H. (2005). Riset Sumber Daya Manusia. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Hal 18-20.

Uyanto, S. (2009). Pedoman Analisis Data Dengan SPSS. Edisi Ketiga. Graha Ilmu. Yogyakarta. Hal 5


Refbacks

  • There are currently no refbacks.