PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN RESTORAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIKS) (STUDI KASUS RESTORAN BIG BURGER MALANG)

Nyimas Ekinevita Putri, Retno Astuti, Shyntia Atica Putri

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui alternatif perencanaan strategi dan prioritas strategi pengembangan Restoran Big Burger Malang. Penelitian ini menggunakan matriks Internal Eksternal (IE), Matriks Strenght, Weakness, Opportunity dan Threat (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Matrik IE dan SWOT digunakan untuk perencanaan alternatif strategi sedangkan matrik QSPM digunakan untuk penentuan strategi prioritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat diterapkan yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Prioritas strategi dengan nilai Total Attractive Score tertinggi adalah meningkatkan mutu dan menjaga kehalalan pangan.

Kata kunci : restoran, QSPM, strategi, SWOT


Keywords


restoran; QSPM; strategi; SWOT

Full Text:

PDF

References


Andarwulan, N dan Hariyadi. 2004. Perubahan Mutu (Fisik, Kimia dan Mikrobiologi) Produk Pangan Selama Pengolahan dan Penyimpanan Produk Pangan. Penelitian Pelatihan Pendugaan Waktu Kadaluwarsa. Pusat Studi Pangan dan Gizi. Institute Pertanian Bogor. Bogor.

Assauri, S. 2013. Strategic Management. PT Rajagrafindo Persada. Depok.

Badan Pusat Statistik. 2010. Penduduk Menurut Wilayah Jawa Timur dan Agama yang Dianut.www.bps.go.id. Diakses 13 Maret 2014, 19.50

Brink, H., Walt, C.V.D dan Rensburg, G.V. 2006. Fundamentals of Research Methodology for Health-Care Professionals. Juta and Company Ltd. South Africa.

Cooper, D.Rdan Schindler, P.S. 2006. Business Research Methods.Mc Graw-Hill. New York.

David, F.R. 2009. Manajemen Strategis KonsepTerjemahan. Salemba Empat. Jakarta.

Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Malang. 2011. Malangkota.go.id. Diakses 13 Mei 2014.

Gabriel, A.A. 2013. Perencanaan Strategi Pengembangan

Indutri Rumah Tangga Gula Kelapa. Skripsi. FTP. UB. Malang.

Gumilar, I. 2007. Metode Riset Untuk Bisnis dan Manajemen. Utamalab. Bandung.

Herjanto, E. 2012. Manajemen Operasi. Grasindo. Jakarta.

Kuncoro, M. 2006. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Erlangga. Jakarta.

Listyorini, S. 2012. Analisis Faktor-Faktor Gaya Hidup dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Rumah Sehat Sederhana. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 1, No.1.

Muhammad, S. 2013. Manajemen Strategik Konsep dan Alat Analisi. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Prastiti, R. A. 2012. Strategi Pengembangan Agribisnis Sapi Potong di Kabupaten Blora. e-jurnal Agrista. Program Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Santoso, B. B. 2005. Analisis Statistika dengan Microsoft Excell dan SPSS. Andi Offset. Yogyakarta.

Sarjono, B. 2013. Pengelolaan Strategi dalam Persaingan Bisnis.Jurnal Manajemen Strategi. 9: 58 - 61.

Siahaan, P. E. 2008. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Restoran Rice Bowl. Skripsi. IPB. Bogor.

Siahaan, I.O. 2011. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Pendekatan Metode Serqual (Service Quality) Studi Kasus di Restoran The Amsterdam Garden Resto dan Steak House Malang. Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.

Sudjana, N. 2004. Pengembangan Alat Ukur Psikolog. Andi. Yogyakarta.

Yuliawati, S. 2008. Analisis Strategi Pemasaran Obat Herbal Biomunos pada PT Biofarmaka Indonesia, Bogor. Skripsi. IPB. Bogor


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri