PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN RESTORAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIKS) (STUDI KASUS RESTORAN BIG BURGER MALANG)

Nyimas Ekinevita Putri, Retno Astuti, Shyntia Atica Putri

Abstract


Abstrak
Bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan karena makanan menempati urutan teratas dalam pemenuhan kebutuhan pokok manusia. Seiring dengan perkembangan jaman, kecenderungan orang untuk makan di luar rumah semakin meningkat dengan berbagai alasan praktis, ekonomis maupun prestige. Konsep yang ditawarkan kepada konsumen berbeda-berbeda salah satunya yaitu restoran makanan yang menyajikan menu beragam dan cepat saji. Ketatnya persaingan restoran, mengharuskan pengelola restoran memanfaatkan peluang yang ada. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui alternatif perencanaan strategi dan prioritas strategi pengembangan Restoran Big Burger Malang. Penelitian ini menggunakan matriks Internal Eksternal (IE), Matriks Strenght, Weakness, Opportunity dan Threat (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Matrik IE dan SWOT digunakan untuk perencanaan alternatif strategi sedangkan matrik QSPM digunakan untuk penentuan strategi prioritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat diterapkan yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Prioritas strategi dengan nilai Total Attractive Score tertinggi adalah meningkatkan mutu dan menjaga kehalalan pangan.
Kata kunci : restoran, QSPM, strategi, SWOT
Abstract
Food business or culinary business is one of prospective business because the food is main priority of basic human needs fulfillment. The tendency of people to eat outside the home has increased by a variety reasons such as practical, economic and prestige. The concept offered to consumers are different, one of which isa restaurant that serves a variety of food and fast food. Tight competition makes restaurant managers take opportunities on it. The purpose of this study were to determine alternative of strategy planning and the priority of strategy development at Big Burger Restaurant Malang. This research used Internal Eksternal (IE) Matrix, Strenght, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) Matrix and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). IE and SWOT matrix were used to determine alternative strategies while QSPM was used to determine priority strategy. Based on the results, the strategies that can be applied were market penetration and product development. Priority strategy with the highest Total Attractive Score was improving the quality and keeping halal food.
Keywords : restaurant, QSPM, strategy, SWOT


Keywords


restoran; QSPM; strategi; SWOT

Full Text:

PDF

References


Andarwulan, N dan Hariyadi. 2004. Perubahan Mutu (Fisik, Kimia dan Mikrobiologi) Produk Pangan Selama Pengolahan dan Penyimpanan Produk Pangan. Penelitian Pelatihan Pendugaan Waktu Kadaluwarsa. Pusat Studi Pangan dan Gizi. Institute Pertanian Bogor. Bogor.

Assauri, S. 2013. Strategic Management. PT Rajagrafindo Persada. Depok.

Badan Pusat Statistik. 2010. Penduduk Menurut Wilayah Jawa Timur dan Agama yang Dianut.www.bps.go.id. Diakses 13 Maret 2014, 19.50

Brink, H., Walt, C.V.D dan Rensburg, G.V. 2006. Fundamentals of Research Methodology for Health-Care Professionals. Juta and Company Ltd. South Africa.

Cooper, D.Rdan Schindler, P.S. 2006. Business Research Methods.Mc Graw-Hill. New York.

David, F.R. 2009. Manajemen Strategis KonsepTerjemahan. Salemba Empat. Jakarta.

Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Malang. 2011. Malangkota.go.id. Diakses 13 Mei 2014.

Gabriel, A.A. 2013. Perencanaan Strategi Pengembangan

Indutri Rumah Tangga Gula Kelapa. Skripsi. FTP. UB. Malang.

Gumilar, I. 2007. Metode Riset Untuk Bisnis dan Manajemen. Utamalab. Bandung.

Herjanto, E. 2012. Manajemen Operasi. Grasindo. Jakarta.

Kuncoro, M. 2006. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Erlangga. Jakarta.

Listyorini, S. 2012. Analisis Faktor-Faktor Gaya Hidup dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Rumah Sehat Sederhana. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 1, No.1.

Muhammad, S. 2013. Manajemen Strategik Konsep dan Alat Analisi. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Prastiti, R. A. 2012. Strategi Pengembangan Agribisnis Sapi Potong di Kabupaten Blora. e-jurnal Agrista. Program Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Santoso, B. B. 2005. Analisis Statistika dengan Microsoft Excell dan SPSS. Andi Offset. Yogyakarta.

Sarjono, B. 2013. Pengelolaan Strategi dalam Persaingan Bisnis.Jurnal Manajemen Strategi. 9: 58 - 61.

Siahaan, P. E. 2008. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Restoran Rice Bowl. Skripsi. IPB. Bogor.

Siahaan, I.O. 2011. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Pendekatan Metode Serqual (Service Quality) Studi Kasus di Restoran The Amsterdam Garden Resto dan Steak House Malang. Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.

Sudjana, N. 2004. Pengembangan Alat Ukur Psikolog. Andi. Yogyakarta.

Yuliawati, S. 2008. Analisis Strategi Pemasaran Obat Herbal Biomunos pada PT Biofarmaka Indonesia, Bogor. Skripsi. IPB. Bogor


Refbacks

  • There are currently no refbacks.