PENILAIAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS SUSU PASTEURISASI KOP SAE PUJON
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui atribut-atribut yang harus diprioritaskan oleh perusahaan untuk memenuhi harapan dari konsumen dan Mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk susu pasteurisasi Koperasi Susu SAE Pujon berdasarkan Customer Satisfaction Index (CSI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah importance performance analysis (IPA) dan customer satisfaction index (CSI). Pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang diisi oleh 100 responden. Hasil pengolahan data dengan metode importance performance analysis didapatkan hasil yaitu diagram katesius. Hasil dari pengolahan data menggunakan metode customer satisfaction index didapatkan hasil sebesar 78,81%. Hasil 78,81% berada pada rentang 0,66-0,81, dari masuknya nilai yang pada rentang tersebut maka dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan konsumen telah merasa “Puas” terhadap produk susu pasteurisasi Koperasi susu SAE Pujon.
Kata kunci: CSI, IPA, kepuasan, pasteurisasi
Abstract
The purpose of this research was to determine the attributes that should be prioritized by the company to meet the consumer expectations and determine the level of customer satisfaction with the pasteurized milk products quality of Dairy Cooperative SAE Pujon based on Customer Satisfaction Index (CSI).The method in this research is importance performance analysis (IPA) and customer satisfaction index (CSI). In this research applies questionnaires completed by 100 respondents. The results of importance performance analysis showed a Cartesius’s diagram. The results of customer satisfaction index is 78.81% that in the range from 0.66 to 0.81. It can be said that, the whole consumer have felt "satisfied" with SAE Cooperative Pujon’s pasteurized milk.
Key words: CSI, IPA, pasteurization, satisfaction.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anonim. 2007. Mambuat Susu Pasteurisasi. .
Asnawi, N. dan Masyhuri. 2011. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran, Cetakan II. UIN-MALIKI PRESS. Malang.
As-Sayyid, A. B. M. 2007. Pola Makanan Sehat Rasulullah Makanan Sehat Berkualitas Menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah. Almahira. Jakarta Timur.
Disnak Jatim. 2013. DataProduksi Ternak Kab/KotaJawa Timur.
Herlina, L., M. Hubeis dan A. Suryani. 2009. Strategi Pengembangan Usaha Kecil ApplePie Group (Studi Kasus di Unit Pia Apple Pie, Bogor). Jurnal MPI. 4 (1).
Irawan, H. 2008. Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia. Jakarta.
Irdasri, N. 2009. Analisis Sikap Konsumen Terhadap Kinerja Atribut Produk Penyedap Rasa Merek Masako. Skripsi. Program Sarjana Ekstensi Manajemen Agribisnis. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.
Maiyanti, Irmeilyana, dan Verawati. 2008. Aplied Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance- Performance Analysis (IPA) to know Student Satisfaction Level of Sriwijaya University Library Services.Jurnal Matematika FMIPA Unsri.
Nurmalina, R., Astuti, E.P. 2008. Analisis Proses Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Teradap Beras (Studi Kasus Di Kecamatan Mulyorejo Surabaya Jawa Timur. Jurnal Sains Terapan :4-5.
Parents Indonesia. 2012. Cermati Label Makanan. http://parentsindonesia.com/article.php?type=article&cat=food&id= 1 718
Riandina, W.O., dan Suryana, R.N. 2006. Analisis kepuasan Pengunjung dan Pengembangan Fasilitas Wisata Agro. Jurnal Agro Ekonomi. 24 (1) :41-58.
Saragih, Y. P., dan Sarwon, B. 2006. Membuat Aneka Tahu. Penerbit Swadaya. Jakarta.
Simamora, B. 2004. Riset Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Soegoto, E.S. 2007. Marketing Research The Way to Solve a Problem. Elex Media Komputindo.Jakarta.
Suharyadi, Nugroho, A., Purwanto, .S.K., dan Faturrohman.M. 2007. Kewirausahaan : Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Salemba Empat. Jakarta.
Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta. Jakarta.
Wijaya, T. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. PT. Indeks. Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.