Analisis Struktur, Perilaku Dan Kinerja Pasar Pada Sentra Industri Bakpia Yogyakarta

Tri Candra Natalia, Panji Deoranto, Mas'ud Effendi

Abstract


Bakpia merupakan produk makanan khas dari daerah Yogyakarta. Sentra industri bakpia terletak di sepanjang jalan KS Tubun yang lebih dikenal dengan nama daerah Pathok. Pemasaran pada sentra industri bakpia terjadi persaingan yang tidak sehat antar masing-masing produsen bakpia. Hal ini merupakan suatu permasalahan yang kritis dan harus segera dicari solusi untuk mengatasinya. Salah satu analisis yang dapat digunakan untuk mengetahui sistem pemasaran adalah analisis SCP (Structure-Conduct-Performance). Penelitian ini dilaksanakan di sentra industri bakpia Jl K. S. Tubun Yogyakarta pada bulan Juni 2011 – Agustus 2011. Penelitian bertujuan untuk mengetahui struktur, perilaku dan kinerja pasar pada sentra industri bakpia Yogyakarta.

Hasil analisis menunjukkan bahwa struktur pasar yang terjadi pada sentra industri bakpia Yogyakarta adalah oligopoli. Hal ini ditunjukkan dengan nilai CR4 sebesar 60%. Perilaku pasar terjadi ketidakseragaman harga dan sistem kelembagaan dengan jalur distribusi yang pendek mengakibatkan persaingan cukup tinggi. Kinerja pasar dianalisis dengan nilai PCM masing-masing perusahaan. Nilai PCM tertinggi adalah bakpia 541 sebesar 0,71. Sementara nilai PCM terkecil adalah bakpia 78 sebesar 0,32.

Kata kunci : Struktur, perilaku,kinerja, pemasaran


Keywords


struktur; perilaku; kinerja; pemasaran

Full Text:

PDF

References


Cramer. 2009. Agriculture Economics and Agribusiness. John Willey and Son. New York

Kirana. 2003. Pengantar Ekonomi Industri: Pendekatan Struktur, Perilaku dan Kinerja Pasar. BPFE. Yogjakarta

Martin, S. 2002. Advance Industrial Economics. Blackwell Publisher Inc. Massachusetts.

Muslim, C dan T.Nurasa. 2007. Analisis Marjin Pemasaran Lada Putih Dalam Mendukung Daya Saing Produk Agroindustri Lada Indonesia. Jurnal Sosio Ekonomika 13(2): 8 – 23.

Panagiotou, G. 2006. The Impact of Managerial Cognitions on the Structure-Conduct-Performance (SCP) Paradigm: A Strategic Group Perspective. Management Decision. 44: 423 – 441.

Prasetyo, P. 2007. Hubungan Struktur Pasar dan Perilaku Pasar serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pasar. Jurnal Ekonomi Pembangunan 12: 111 – 122.

Suryawati. 2009. Analisis Struktur, Perilaku dan Kinerja Industri Tekstil dan Pakaian Jadi di Provinsi DIY. Jurnal Akutansi dan Manajemen 20: 35 – 46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri