Perencanaan Strategi Pemasaran Minuman Sari Apel “Dewata” dengan Pendekatan Quantitative Strategic Planning Matrix

Siti Asmaul Mustaniroh, Chafida Rofiatul Chasnaq, Imam Santoso

Abstract


Abstrak

Salah satu industri olahan apel di Kota Batu yang berkembang saat ini adalah CV Segar Buah Hutama yang memproduksi minuman sari buah apel “Dewata” dengan kondisi persaingan yang cukup ketat dengan berbagai merek dan harga jual. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor internal dan eksternal CV Segar Buah Hutama, merumuskan alternatif strategi pemasaran, serta memformulasikan prioritas strategi pemasaran minuman sari apel “Dewata”. Metode analisa menggunakan pendekatan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian menunjukkan pada Matriks IFE bahwa CV Segar Buah Hutama belum memiliki kekuatan yang cukup untuk mengatasi kelemahan. Matriks EFE menunjukkan bahwa perusahaan belum efektif mengambil keuntungan dari peluang dan meminimalkan efek dari ancaman dalam industri minuman sari apel. Hasil Matriks IE menunjukkan kondisi Growth and Stability. Formulasi strategi yang diterapkan oleh CV Segar Buah Hutama adalah market penetration and product development strategy. Prioritas alternatif strategi pemasaran minuman sari apel “Dewata” yaitu (1) Mendorong promosi aktif dari mulut ke mulut terhadap konsumen dan distributor dengan membuktikan kualitas minuman sari apel “Dewata”, (2) Meningkatkan daya saing melalui kualitas produk dan pelayanan perusahaan, dan (3) Mengoptimalkan bahan baku serta minimasi biaya produksi.

Kata kunci: sari apel, pemasaran, strategi, SWOT, QSPM

Abstract

One of apple processing industry development in Kota Batu is CV Segar Buah Hutama which produces “Dewata” apple beverages with high comptitivenss arising among many brands and lower selling prices.The goals of this research are to analyse the internal and external factor of CV Segar Buah Hutama, formulating alternative marketing strategy, as well as priorities of “Dewata” apple beverages marketing strategies. The method of analysis is Quantitative Strategic Planning Matrix. The results showed that IFE Matrix indicates the inability of CV Segar Buah Hutama to overcome weakness. EFE Matrix indicates the company’s infectivity to take advantage of opportunities and minimize the effect of the threat in this industry. Based on the IE Matrix, CV Segar Buah Hutama is at the stage of Growth and Stability. Formulation of the strategy should be applied is the market penetration and product development strategy. The priority of alternative marketing strategies of “Dewata” apple beverages includes increasing the word of mouth marketing to consumer and distributor with prove the quality of “Dewata” apple beverages, increase the competitiveness through product’s quality and the consumer services, as well as optimizing raw materials and minimizing production cost.

Keywords: apple beverage, marketing, strategy, SWOT, QSPM


Keywords


apple beverage; marketing; strategy; SWOT; QSPM

Full Text:

PDF

References


David, FR. (2006). Strategic Management: Concepts and Cases. New Jersey: Pearson Education – Prentice Hall.

Dwiastuti, I. (2008). Analisis Manajemen Strategi Industri Energi Alternatif: Studi Kasus Biofuel. Jurnal Ekonomidan Pembangunan. 16(1): 21-33.

Evans, JR dan Lindsay, WM. (2007). An Introduction to Six Sigma & Process Improvement. Singapore: South-Western.

Evelina, N, Handoyo, DW, dan Listyorini, S. (2012). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkom Flexi. Diponegoro Journal of Social and Politic. 2(1): 1-11.

Febryan, F. (2010). The Power of Selling: Memperlakukan Pelanggan sebagai Sahabat Sejati. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Khurniyati, MI dan Estiasih, T. (2015). Pengaruh Konsentrasi Natrium Benzoat dan Kondisi Pasteurisasi (Suhu dan Waktu) Terhadap Karakteristik Minuman Sari Apel Berbagai

Varietas. Jurnal Pangan dan Agroindustri. 3(2): 523-529.

Kotler, P dan Keller, KL. (2008). Manajemen Pemasaran: Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kristianto, KH. (2012). Analisis dan Usulan Perbaikan Sistem Informasi Manajemen Aset Bergerak di Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau. Thesis. Teknik Informatika. Universitas Atmajaya. Yogyakarta

Kusumawati, R, Irawan, MA, dan Purbasari, A. (2013). Pengaruh Perbandingan Jumlah Starter Terhadap Proses Fermentasi Wine Apel Menggunakan Nopkor MZ-11.Jurnal Teknologi Kimia dan Industri. (2)2: 226-232.

Sa’adah, LIN. (2014). Karakterisasi Minuman Sari Apel Produksi Skala Mikro dan Kecil di Kota Batu. Jurnal Pangan dan Agroindustri. 3(2): 374-380.

Tohar, M. (2007). Membuka Usaha Kecil. Yogyakarta: Kanisius.

Yuliawati, S. (2008). Analisis Strategi Pemasaran Obat Herbal Biomunos pada PT Biofarmaka Indonesia, Bogor. Skripsi. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.




https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.