ANALISIS PENGARUH VARIABEL MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN CUKA APEL
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variabel marketing mix dan mengetahui variabel manakah yang dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian cuka apel Tahesta. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada responden, kemudian menganalisis menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai persamaan koefisien regresi berturut-turut yakni X1 = 0.194, X2 = 0.149, X3 = 0.176, X4 = 0.348. Secara serempak semua variabel Marketing Mix 4P berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian cuka apel Tahesta. Secara parsial variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli cuka apel Tahesta adalah variabel produk dan variabel promosi.
Kata kunci : marketing mix, perilaku konsumen, regresi
Abstract
This research aims to find out the influence of marketing mix variables and find out a variable that dominantly influences toward consumer’s desicion in purchasing it. Research was conducted by delivering questionnaire to respondents, then analysed it with multiple regression analysis. Based on research results, the equation of regression coefficient resulted the values respectively, which were X1 = 0.194, X2 = 0.149, X3 = 0.176, X4 = 0.348. These joint all of marketing mix variables 4P were significantly influential toward purchasing’s decision of the apple vinegar”Tahesta”. The significantly influential variables were product and promotion.
Key words : marketing mix, consumer behavior, regression
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amirullah. 2002. Perilaku Konsumen. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Buchari, A. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV Alfabeta. Bandung.
Rahayu, S. 2005. SPSS Versi 12.00 dalam Riset Pemasaran. CV Alfabeta. Bandung.
Santoso, S. 2004. SPSS Statistik Parametrik. Journal Statistic. 3:283-297.
Sari, R. 2003. Analisis Data Statistika: Metode Kuantitatif untuk Penelitian. Jurnal Statistik Industri. 4:100-120.
Seanewati, O. (2011). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Motor Honda Di Sampit. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. 3(1):145-154.
Setiadi, J.N. 2005. Perilaku Konsumen. Penerbit Prenada Media. Jakarta.
Sekaran. 2006. Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Penerbit PT Gramedia Pustaka. Jakarta.
Stanton, W. J. 2005. Fundamentals of Marketing. 9th Edition. McGraw & Co. New York.
Sugiyono, A. 2002. Metode Penelitian untuk Bisnis. CV Alfabeta. Bandung.
Sugiyono, A. 2006. Penerapan Statistika Umum untuk Penelitian dan Manajemen Ekonomi. Jurnal Statistika Dasar. 52-64.
Sunyoto, D. 2009. Uji Chi Kuadrat dan Regresi untuk Penelitian. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Supranto, 2004. Analisis Multivariat : Arti dan Interprestasi. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.
Umar, H. 2003. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Air Minum Mineral di Surabaya. Jurnal Manajemen Ekonomi. 21:263-270
Refbacks
- There are currently no refbacks.