PENILAIAN KINERJA KARYAWAN BAGIAN PERSONALIA BERDASARKAN KOMPETENSI DENGAN METODE 360 DERAJAT

Tia Dwi Chasanah, Usman Effendi, Rizky Luthfian Ramadhan Silalahi

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan bobot kriteria kompetensi dan bobot penilai untuk menilai kinerja karyawan tetap bagian personalia dengan Analytic Network Process (ANP), dan menentukan peringkat kinerja karyawan berdasarkan kompetensi dengan metode 360 derajat. Hasil pembobotan dengan ANP didapatkan bobot kelompok kriteria keterampilan kerja sama dan menjaga kenyamanan lingkungan (0.438), kelompok kriteria kepribadian (0.291), kelompok kriteria keterampilan teknis pelaksaan tugas (0.151), dan kelompok kriteria keterampilan mengelola tugas (0.120). Hasil bobot penilai dari bobot tertinggi hingga terendah yaitu atasan langsung (0.320), atasan berikutnya (0.307), rekan kerja dari unit kerja yang sama (0.218), rekan kerja dari unit kerja yang berbeda (0.111), dan diri sendiri (0.044). Peringkat kinerja enam karyawan bagian personalia dari peringkat pertama hingga ketiga dengan kategori kinerja tinggi yaitu Su, Ba, Ma dan dari peringkat keempat hingga keenam dengan kategori kinerja sesuai standar yaitu It, Si, Nu.

Kata kunci: analytic network process, metode 360 derajat, penilaian kinerja

Abstract

The purpose of this research is to determine the weight of competency criteria and weight of appraiser to assess employee performance with Analytic Network Process (ANP), and determine the level of employee performance based on competence with 360-degree method. ANP weighting method showed that the weight value of job role environment skill competency group was 0.438, personality competency group was 0.291, task skills competency group was 0.151, and task management skills competency group was 0.120. Moreover, appraiser weight calculation showed that the weight value of direct supervisor was 0.32), next supervisor was 0.307, co-worker from same unit was 0.218, coworkers from different units was 0.111, and themself was 0.044. The performance level of six employee of human resources department from the first level to the third with high performance category was Su, Ba, Ma and from the fourth to the sixth with adequate performance category was It, Si, Nu.

Keywords: 360-degree method, analytic network process, performance appraisal


Keywords


analytic network process; metode 360 derajat; penilaian kinerja

Full Text:

PDF

References


Alwi, S. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Keunggulan Kompetitif. Edisi Kedua. BPFE. Yogyakarta.

Ardana, I.K., Mujiati, N.W., dan Utama, I.W.M., 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Ayun, Q. 2011. Penilaian Kinerja (Performance Appraisal) pada Karyawan di Perusahaan. Majalah Ilmiah Informatika. 2(3):74-88.

Basuki, D.T., Rahayu, M., dan Sumiati. 2008. Model Pemilihan Rekanan Strategis Penyedia Peralatan Pabrik Gula dan Penerapan Metode Fuzzy dan Analytical Network Process (Studi di PT Kebon Agung, Surabaya). Jurnal Aplikasi Manajemen. 6(2):117-130.

Dessler, G. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Indeks. Jakarta.

Dewayana, T.S., dan Ahmad, B.W. 2009. Pemilihan Pemasok Cooper Rod Menggunakan Metode ANP (Studi Kasus: PT Olex Cables Indonesia (OLEXINDO). Jurnal Teknik Industri UNDIP. 4(3):212-217.

Fitriani, N. A. 2013. Pengawasan Pimpinan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Pemerintahan. 1(1):97-111.

Gregoris, M. (2006). Competency Based Management: A Review of Systems and Approaches. Journal of Information Management & Computer Security. 14(1):51-64.

Jackson, S.E., Schuler, R.S., and Werner, S. 2011. Pengelolaan Sumber Daya Manusia. Edisi 10-Buku 2. Salemba Empat. Jakarta.

Krosnick, J.A and Tahk, A. 2013. The Optimal Length of Rating Scales to Maximize Reliability and Validity. Paper Departments of Psychology and Political Science. Stanford University.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Edisi Revisi. Rajawali Press. Jakarta.

Munir, S. 2008. Modul Statistik I (Deskriptif). Fakultas Ekonomi Pangan Program Kelas Karyawan. Universitas Mercu Buana.

Nainggolan, S. 2010. Pentingnya Hubungan Baik dalam Lingkungan Kerja. Dilihat 27 Januari 2014. http://managementfile.com/journal.php?id=345⊂=journal&page=hr.

Pardosi, J., Tambunan, M.M., dan Syahputri, K. 2013. Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Integrasi 360° Feedback dan AHP di PT. S. e-Jurnal Teknik Industri FT USU. 3(2):1-7.

Purwanto, D. 2006. Komunikasi Bisnis. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Saaty, T.L. 2008. The Analytic Hierarchy and Analytic Network Measurement Process: Application to Decision under Risk. European Journal of Pure and Applied Mathematics. 1(1):122-196.

Sedarmayanti. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Refika Aditama. Bandung.

Siswoutomo, W. 2005. Panduan Karir di Dunia Teknologi Informasi. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Sonnentag, S. 2003. Recovery, work engagement, and proactive behavior: A new look at the interface between nonwork and work. Journal of Applied Psychology. 88(3):518-528.

Sulistyawan, F, Wurijanto, T, dan Subiyantoro, YY. 2013. Sistem Informasi Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Graphic Rating Scales dan 360 Derajat. Jurnal Sistem Informasi 2. Hal:17-13.

Tilon, D. A. 2013. Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Restoran A&W di City of Tomorrow Surabaya. Jurnal Agora. 1(3):1-9.

Waryanto, B. dan Millafati. 2006. Transformasi Data Skala Ordinal ke Interval dengan Menggunakan Makro Minitab. Jurnal Informatika Pertanian. 15:881-895


Refbacks

  • There are currently no refbacks.