Management Strategy of Muara Baru Modern Fish Market
Abstract
Abstract
To compete in the present and future, the newly constructed Muara Baru modern fish market, called Pasar Ikan Modern Muara Baru (PIM Muara Baru), requires an effective management approach. This research aims to examine different management techniques for PIM Muara Baru utilizing a Strength, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT) analysis. The findings indicate that an aggressive strategy is required. Alternative management strategies include improving facilities and adding products sold at the food court, assigning special employees to promote and implement more intensive and innovative promotional activities on social media, collaborating with the government in optimizing Gemarikan (a national program to popularize eating fish), cooperating with online business partners and increasing merchants' capacity to transact online, adding facilities and improving the service quality. The outcomes of the alternative techniques are offered for PIM Muara Baru management to consider.
Keywords: management strategy, Muara Baru modern fish market, SWOT Analysis
Abstrak
Pasar ikan modern (PIM) Muara Baru yang baru dibangun memerlukan strategi pengelolaan yang tepat sehingga mampu bersaing di masa sekarang dan masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis alternatif strategi pengelolaan PIM Muara Baru menggunakan analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT). Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang diperlukan adalah aggressive strategy. Alternatif strategi pengelolaan antara lain: memperbaiki fasilitas dan menambah produk yang dijual di foodcourt; menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) khusus untuk melakukan promosi dan menerapkan kegiatan promosi yang lebih intensif dan inovatif di media sosial, bekerja sama dengan pemerintah dalam mengoptimalkan gemarikan (gerakan memasyarakatkan makan ikan), bekerja sama dengan mitra bisnis online dan meningkatkan kapasitas pedagang untuk bertransaksi secara daring, menambah fasilitas dan meningkatkan kualitas pelayanan pada konsumen. Alternatif srategi pada hasil penelitian ini disarankan sebagai bahan pertimbangan untuk diterapkan dalam pengelolaan PIM Muara Baru.
Kata Kunci: analisis SWOT, Pasar Ikan Modern Muara Baru, strategi pengelolaan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, A., Hidayat, W., & Budiatmo, A. (2012). Analisis strategi pengembangan usaha pada UKM Batik Semarangan di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(1), 1–12.
Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Surabaya: Airlangga University Press.
Aslan, I., Çınar, O., & Özen, Ü. (2014). Developing strategies for the future of healthcare in Turkey by benchmarking and SWOT analysis. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 150, 230–240. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.043
Badan Pusat Statistik. (2021). Jumlah Penduduk Hasil Proyeksi Menurut Provinsi dan Jenis Kelamin (Ribu Jiwa), 2018-2020. Retrieved from Badan Pusat Statistik website: https://www.bps.go.id/indicator/12/1886/1/jumlah-penduduk-hasil-proyeksi-menurut-provinsi-dan-jenis-kelamin.html
Daroedono, E. (2019). Konsumsi ikan dan potensi anisakiasis: Aspek komunikasi kesehatan masyarakat suatu program pemerintah. Jurnal Ilmu Kedokteran (Journal of Medical Science), 13(1), 1–10. https://doi.org/10.26891/JIK.v13i1.2019.4-13
Dharmawan, R. H., & Kristianingsih, T. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen di Hotel Pelangi Malang. JAB (Jurnal Aplikasi Bisnis), 4(2), 461–465.
Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap. (2020). Laporan Kinerja Pelabuhan Perikanan Samudra Nizam Zachman Jakarta Tahun 2020. Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Erlinda, M. (2019). Analisis Mutu dan Keamanan Pangan Ikan Kembung (Rastrelliger sp ) yang Beredar pada Pasar Muara Baru dan Muara Angke, DKI Jakarta. Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan. Politeknik - Ahli Usaha Perikanan. Jakarta.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis. (2014). Statistic II. Sumedang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Padjadjaran.
Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. Tangerang: Universitas Terbuka.
Fianty, M. I. (2017). Meningkatkan kualitas pelayanan teknologi informasi menggunakan metode DMAIC pada Divisi IT helpdesk PT XYZ. Kalbiscientia: Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(1), 96–102.
Firdaus, M. M. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Analisis Regresi IBM SPSS Statistic Version 26.0. Bengkalis: Dotplus.
Gunawan, M., Kuntjara, A. P., & Sutanto, R. P. (2017). Perancangan board game gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) untuk anak usia 6±10 tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1(10), 1–10.
Harminingtyas, R. (2014). Analisis layanan website sebagai media promosi, media transaksi dan media informasi dan pengaruhnya terhadap brand image perusahaan pada Hotel Ciputra di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 6(3), 37–57.
Jasmalinda. (2021). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen motor Yamaha di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2199–2205.
Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2019). Pencarian Produksi Ikan dengan Perbandingan Tahun. Retrieved from Statistik KKP website: https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=total&i=2#panel-footer)
Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2021). Data Angka Konsumsi Ikan Tahun 2020 - 2021. Retrieved from Kementerian Kelautan dan Perikanan website: https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=aki&i=209#panel-footer
Kingofong, W., & Setiawan, R. (2013). Pengelolaan dan pengembangan bisnis pengelola pusat perbelanjaan pada fungsi SDM di PT. Jasamitra Propertindo Surabaya. Agora, 1(3).
Lestari, S. B. (2015). Shopping online sebagai gaya hidup. Jurnal Ilmu Sosial, 14(2), 24–41.
Munandar, M. A., & Halim, A. (2020). Interval Kepercayaan Proporsi. Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo Universitas Padjadjaran Bandung, p. 15. Bandung: Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo.
Naelana, Y., & Istiyanto, S. B. (2019). Analisis SWOT strategi pengelolaan reputasi PT. Cowboy Nusantara Jaya. Communications, 1(2), 53–76. https://doi.org/10.21009/Communications.1.2.3
Novrianto, J. (2016). Analisis kepuasan pelanggan pada Restoran Sop Tunjang Pertama (M1) di Pekanbaru. Valuta : Jurnal Administrasi Bisnis, Manajemen Dan Ekonomi, 2(2), 171–189.
Nurhaedah, & Nurlaela. (2018). Strategi promosi dalam meningkatkan penjualan produk Paytren melalui media online. Journal of Business Administration, 1(1), 89–91.
Primadona, Y., & Rafiqi, Y. (2019). Analisis swot pada strategi persaingan usaha minimarket Madina Purbaratu Kota Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 47–57. https://doi.org/10.37058/jes.v4i1.802
Purwanto, A., Asbari, M., Novitasari, D., Nugroho, Y. A., & Sasono, I. (2021). Peningkatan keamanan pangan melalui pelatihan ISO 22000:2018 sistem manajemen keamanan pangan pada industri kemasan makanan di Tangerang. Journal of Community Service and Engagement (JOCOSAE), 1(2), 13–20.
Putra, E. W., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh diskon terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian (Study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2), 184–193.
Rahayu, D. T., & Retnani, E. D. (2016). Penerapan analisis SWOT dalam perumusan strategi bersaing pada Eddy Jaya Photo. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(2), 1–16.
Shabila, N. R., Jason, A., & Marpaung, C. D. (2020). Uji validitas dan reliabilitas kuesioner fonseca anamnestic index versi Bahasa Indonesia populasi usia 19-21 tahun. Jurnal Kedokteran Gigi Terpadu, 2(2), 33–36. https://doi.org/10.25105/jkgt.v2i2.8793
Solihin, I., Meilani, N. K. L., & Muninggar, R. (2020). Strategi pengelolaan pasar ikan modern di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta. Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology and Management, 11(1), 101–110. https://doi.org/10.29244/jmf.v11i1.34855
Triyono. (2003). Teknik sampling dalam penelitian. Penataran Analisis Data Penelitian Bagi Dosen PTS Kopertis XI.
Wardoyo, P. (2011). 6 Alat Analisis Manajemen. Semarang: Semarang University Press.
Zulaihah, L., Nur, I., & Marasabessy, A. (2018). Program pendinginan ikan pada kelompok pedagang Pasar Pelelangan Muara Baru Jakarta Utara. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Pada Masyarakat, 2, 262–265.
https://doi.org/10.21776/ub.industria.2022.011.02.8
Refbacks
- There are currently no refbacks.