Product Quality Analysis of Pia Edamame Using Quality Function Deployment Method
Abstract
Abstract
Pia edamame attracts consumers as a typical food of Jember Regency. However, its development involves a high level of competition because of various types and quality of similar products with competitive prices. It then improves the opportunities for consumers in selecting the product according to their expectations to meet the satisfaction. Pia edamame of Said's Roti (SR), therefore, needs to develop its product to achieve high competitiveness as a typical food of Jember. This study aims to know the consumers attributes requirements and strategies to improve the competitive predominance of pia edamame SR. One of the methods used to assess and interpret consumer expectation is Quality Function Deployment (QFD). Application of QFD in this research, in the context of the process of quality improvement of pia edamame SR, provides various important information regarding consumer expectations and requirement. The results show that the goal values of attributes for consumer demand on packaging and flavor variant of pia edamame SR have not met the target, thus require improvement. Besides, the value of benchmarking was lower than its two competitors on the several technical responses. Hence, pia edamame SR requires a planning of competitive strategies by improving packaging and increasing the flavor variant.
Keywords: pia edamame, quality, Quality Function Deployment, strategy
Abstrak
Pia edamame sebagai makanan khas Jember memiliki daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Potensi tersebut mengakibatkan tingginya tingkat persaingan antar pelaku bisnis serta munculnya berbagai macam produk sejenis dengan mutu dan harga yang bersaing. Hal tersebut memberikan peluang pada konsumen untuk lebih selektif memilih produk sesuai dengan selera dan kebutuhannya, sehingga konsumen mendapatkan kepuasan tersendiri. Oleh karena itu, pia edamame Said’s Roti (SR) perlu terus dikembangkan agar mampu bersaing di pasar sebagai makanan ciri khas Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen serta mengetahui strategi yang perlu dilakukan untuk meingkatkan keunggulan bersaing pia edamame SR. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menilai dan menerjemahkan keinginan konsumen adalah metode quality function deployment (QFD). Penerapan QFD pada penelitian ini terkait dengan proses peningkatan kualitas pia edamame SR yang dapat memberikan berbagai macam informasi penting mengenai kebutuan dan keinginan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai goal atribut kebutuhan konsumen terhadap kemasan dan varian rasa pia edamame SR belum mencapai target sehingga perbaikan harus dilakukan pada kedua atribut tersebut. Nilai benchmarking pia edamame SR juga masih di bawah kedua pesaingnya pada beberapa respon teknis sehingga diperlukan perancangan strategi bersaing pia edamame SR dengan memperbaiki kemasan dan menambah varian rasa.
Kata kunci: kualitas, pia edamame, Quality Function Deployment, strategi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akrom, M. C., Murwatiningsih, & Lestari, E. P. (2013). Pengaruh Kemasan, Harga dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Kripik Paru UMKM Sukorejo Kendal. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Chen, K.-J., Yeh, T.-M., Pai, F.-Y., & Chen, D.-F. (2018). Integrating refined kano model and QFD for service quality improvement in healthy fast-food chain restaurants. International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(7), 1310. https://doi.org/10.3390/ijerph15071310
Cheng, C.-C., Tsai, M.-C., & Lin, S.-P. (2015). Developing strategies for improving the service quality of casual-dining restaurants: New insights from integrating IPGA and QFD analysis. Total Quality Management & Business Excellence, 26(3–4), 415–429. https://doi.org/10.1080/14783363.2013.839166
Dhameria, V. (2014). Analisis pengaruh keunikan desain kemasan produk, kondusivitas store environment, kualitas display produk terhadap keputusan pembelian impulsive (studi pada pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 13(1), 1–44.
Effendi, M., Arifa, L. M., & Mustaniroh, S. A. (2018). Analisis kebutuhan konsumen dalam pengembangan jenang dengan metode fuzzy quality function deployment (FQFD). Jurnal Teknologi & Industri Hasil Pertanian, 23(1), 1–12. https://doi.org/10.23960/jtihp.v23i1.1-12
Farida, N., & Saidah, S. (2017). Pengaruh variasi produk terhadap keputusan pembelian sambal indofood di supermarket Sarikat Jaya Gresik. Gema Ekonomi, 6(2), 156–168.
Halim, V., & Ekawati, Y. (2014). Perencanaan produk olahan wortel menggunakan metode quality function deployment (qfd). SYMBOL - Jurnal Sains, Teknologi Dan Desain, 1(1), 57–68.
Izzhati, D. N., Talitha, T., & Mastrisiswadi, H. (2018). Identifikasi kebutuhan pelanggan terhadap ikan asap (smoked fish) dengan menggunakan quality function deployment. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 17(1), 36–45. https://doi.org/10.23917/jiti.v17i1.5203
Jambrak, A. R., Šimunek, M., Grbeš, F., Mandura, A., & Djekic, I. (2018). Analysis of apple beverages treated with high-power ultrasound: a quality function deployment approach. Journal of the Science of Food and Agriculture, 98(6), 2258–2266. https://doi.org/10.1002/jsfa.8714
Joefatha, E. A., Suhendra, A. A., & Wulandari, S. (2015). Peningkatan kualitas produk keripik sambal stroberi pada usaha kecil menengah (ukm) Rizqia dengan menggunakan metode quality function deployment. Proceedings of Engineering, 2(3), 7516–7523.
Kosasih, W., Soenandi, I. A., & Celsia, E. (2013). Aplikasi QFD untuk pengembangan produk wafer. Jurnal Teknik Dan Ilmu Komputer, 2(7), 258–269.
Kurniasanti, S. A., Sumarwan, U., & Kurniawan, B. P. Y. (2014). Analisis dan model strategi peningkatan daya saing produk edamame beku. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 11(3), 154–163.
Liu, S.-F., Cheng, J.-H., Lee, Y.-L., & Gau, F.-R. (2016). A case study on FMEA-based quality improvement of packaging designs in the TFT-LCD industry. Total Quality Management & Business Excellence, 27(3–4), 413–431. https://doi.org/10.1080/14783363.2015.1004308
Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan packaging dalam meningkatkan hasil produksi terhadap konsumen. JURNAL SOSIAL HUMANIORA (JSH), 8(2), 181–191. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i2.1251
Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) (2nd ed.). Bogor: Ghalia Indonesia.
Prasidya, G., Deoranto, P., & Silalahi, R. L. R. (2014). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Bakpia Pia Dengan Metode Konjoin (Studi Kasus pada Perusahaan Bakpia Pia Djogdja, Yogyakarta). Skripsi. Jurusan Teknologi Industri Pertanian. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.
Priyadi, F. A., & Samboro, J. (2018). Pengaruh atribut produk dan kualitas layanan trhadap keputusan pembelian di Pia Mangkok Istimewa Soekarno Hatta Malang. JAB (Jurnal Aplikasi Bisnis), 4(1), 261–265.
Suryaningrat, I. B. (2013). Application of quality function deployment (QFD) for quality improvement of suwar suwir product. Agroindustrial Journal, 2(1), 55–61.
Suryaningrat, I. B. (2016). Implementation of QFD in food supply chain management: A case of processed cassava in Indonesia. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 6(3), 302–305. https://doi.org/10.18517/ijaseit.6.3.713
Suryaningrat, I. B., Djumarti, Ruriani, E., & Kurniawati, I. (2010). Aplikasi metode quality function deployment (QFD) untuk peningkatan kualitas produk mie jagung. Jurnal Agroteknologi, 4(1), 8–17.
Ummi, N., Mutaqin S, A. I. S., Ferdinant, P. F., & Gunawan, A. (2017). Rancangan pembuatan mesin giling untuk menghasilkan bahan baku opak singkong dengan pendekatan quality function deployment (qfd) dan analitical hierarchy process (ahp). In Prosiding Seminar Nasional Teknologi, Inovasi, dan Aplikasi di Lingkungan Tropis IV (Vol. 1, pp. B1–B7). Samarinda: Universitas Mulawarman.
Vanany, I., Maarif, G. A., & Soon, J. M. (2019). Application of multi-based quality function deployment (QFD) model to improve halal meat industry. Journal of Islamic Marketing, 10(1), 97–124. https://doi.org/10.1108/JIMA-10-2017-0119
Wardani, D. K., Marimin, & Kasutjianingati. (2015). Strategi peningkatan kualitas untuk pasar internasional melalui penerapan manajemen kualitas total: Pembelajaran dari produk edamame beku. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 12(1), 36–45. https://doi.org/10.17358/JMA.12.1.36
https://doi.org/10.21776/ub.industria.2020.009.02.4
Refbacks
- There are currently no refbacks.